Minggu, 28 Oktober 2012

Sistem Informasi Akutansi

Nama        : Imam Nurcahyo
NPM        : 33110462
Kelas        : 3DB12

Tugas SIA

Usaha Sederhana Catering “DIAN CATERING”
Pada usaha sederhana ini kebetulan saya kenal dengan owner usaha ini, maka saya menganalisa proses-proses nya yg akan saya jabarkan seperti berikut ini:

    PENJUALAN
Pada proses penjualan ini mereka mempercayai kepada satu orang yang menguasai marketing atau penjualan pada public. Satu orang ini tugasnya hanya untuk mengiklankan jasa catering ini dalam bentuk proposal2 yg akan dikirim ke kantor-kantor atau pun juga dalam bentuk dunia maya atau internet. Termasuk juga untuk cara pemesanan sudah diatur oleh satu orang ini.

    PEMBELIAN
Pada pembelian ini akan berjalan bila sudah adanya pemesanan akan tetapi bukan dikerjakan oleh orang yang sama, pada proses ini ada lagi orang yang mengaturnya proses pembelian. Kadang ada beberapa barang yang memang harus dibeli sendiri tetapi ada bahan pokok jg yang memang sudah dipasok atau dikirim oleh supplier yang sudah diatur.

    PRODUKSI
Proses produksi berjalan bila semua bahan sudah terkumpul semua, pada proses ini di tangani oleh beberapa orang koki atau pemasak karena tidak mungkin dilakukan sendirian apalagi jika ada pesanan yang banyak. Kecuali ada pemesanan yang memang tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak.

    DELIVERY
Pada usaha ini memiliki jasa delivery juga yang ditangani oleh orang yang berbeda, kadang ada juga costumer ingin mengamibil sendiri pesanan nya, biasanya pesanan yang berjumlah sedikit atau biasanya untuk di konsumsi sendiri. Tetapi untuk pesanan-pesanan yang mempunyai quota yang banyak bisa diantar langsung ke tempat acaranya. Biasanya perusahaan ini mengantarnya dengan mobil box atau mobil bak terbuka, tergantung pemesanan dan barang yang akan dibawa.

    ACCOUNTING
Proses ini pastinya dibutuhkan pada setiap usaha apapun agar jelas semua transaksi keuangan. Pada usaha ini juga ada orang khusus untuk mencatat pembukuan dan semua transaksi keuangan.

Kesimpulannya yaitu dari proses penjualan, pembelian, produksi, delivery, dan accounting semuanya saling berkaitan dan setiap proses-proses itu ditangani oleh orang-orang yang berbeda agar tidak terbengkalai atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar